Pages

Saturday, March 1, 2008

My one week


Hari ini hari milikku

juga esok akan terbentang
dan mentari kan tetap menyala
di sini, di dalam hatiku..

(kutipan lagu 'mentari')

Jalan-jalan, memang menyenangkan, ketemu kenalan baru, beranjak ke dunia yang warna warni, dan pulang membawa banyak cerita. Seminggu ini masih mencoba menenggelamkan diri dalam aktifitas yang tak jauh dengan jualan-lab-kuliah..

Senin. Ga ada kuliah, bisa seharian di lab fitokimia, merenungkan apa senyawa berkhasiat yang ada dalam tanaman, menunggu untuk diungkap. Sebuah rahasia medis yang akan semakin populer dalam 3-10 tahun ke depan, back to nature.

Selasa, bersiap untuk negosiasi bisnis ke purwakarta. Yup, alone without any of my team. bersama sopir dan asistennya, bertemu Pak Ali yang belakangan saya ketahui adalah ketua ISFI Purwakarta, bertukar wacana prospek tanaman obat dan peluang bisnis. Saya menawarkan stok beberapa tanaman obat dalam bentuk kering alias simplisia dan beras organik (merah putih) sementara Pak Ali menawarkan keladi tikus, tanaman atau serbuk. Kami berkunjung pula ke pabriknya yang akan buka barangkali akhir tahun. Pabriknya ini cukup canggih, didesain untuk memenuhi CPOB dan setara IOT (industri obat tradisional). Lokasinya di depan Rumah Sakit Internasional Holistik Dr. husein (bukan dr.). Siapa bilang berobat itu cukup ke dokter dan dapat obat, di RS ini semua diatur, dari obat (terapi dari bahan alam), pola hidup dan pola pikir.
Sayang, karena keterbatasan waktu, saya tak sempat berkunjung lebih lanjut.

Rabu, kuliah tentang karbohidrat.. hm, masih banyak ngelamun mikirin hari sebelumnya, peluang apa saja yang bisa difollow up. Lagipula bahasannya sepertinya hapalan sekali. Saya agak lemah di hapalan nih, ada saran?? well, at least i've collected the book. Nyicil baca yuks! selanjutnya melanjutkan tugas lab, asyik, bisa pakai KCV (kromatografi cair vakum), seandainya bisa memanfaatkan teknologi yang lebih baik tentu akan sangat meng-efisienkan pekerjaan.

Kamis, dini hari, buka sms wafatnya adik kelas ku.. kaget, sedih sekali, tiba-tiba merasa rindu sekali padanya. Tiada satu ingatan ataupun ketika bertemu dengannya, melainkan ia dalam keadaan tersenyum. Padahal riwayat keluarganya cukup membuat hati ini dan siapapun yang mendengarnya trenyuh..
Setelah kuliah, melanjutkan kerja lab. Ada tugas baru, selain isolasi phalerin dari mahkota dewa, juga analisis spektrometri katekin dan penapisan fitokimia buah pare. Pengobat jenuh di lab, metode baru atau bahasan baru. Untunglah ada partner lab, they keep me balanced, motivating n encouraging, each other. Malamnya, rapat via telpon.. ya Robbana kuatkanlah kami, mohon tunjukkan jalan.

Jum'at, kuliah, 2 presentasi. Alhamdulillah, semakin mahir^^ biasanya tegang banget. hehe.. lalu menge-cek lab dan PRS. Bulatkan tekad! thesis I mulai semester ini. Ganbatte!

Sabtu, kuliah pagi di Salman dan bantu-bantu seminar Health Secret dari IHC (Integrated Health Clinic). Sugoi.. dr. Puti bisa mempresentasikan materi-materi kesehatan (yang banyak kaitannya dengan kedokteran dan farmasi) dengan sederhana dan mudah dicerna. Tubuh kita memang luar biasa, Allah membuat segalanya seimbang, dilengkapi feedback mechanism yang membantu memperbaiki homeostasis (keseimbangan) tubuh kita. Dapat link komunitas nih untuk jualan beras organik. Inti dari pelatihan ini yang saya tangkap, kesehatan itu mau baik atau jelek, bersumber dari 2 hal, yaitu Makanan dan Pikiran. Ada banyak contohnya, dari dunia kedokteran modern dan dari Rosulullah SAW. Subhanalloh..

Banyak sekali sumber inspirasi dan hikmah minggu ini.

gemuruhnya sampai di sini
di sini
di dalam hatiku

3 comments:

Rachmawati said...

Meni sibuk pisan Neng. Jangan lupa jaga kesehatan tuh.

Rohni said...

ly, ly,ly...semangatmu itu lho...mengalahkan api :), jangan lupa makan...farmasi juga harus sehat lho...

Lesly Septikasari said...

iya, ni. hidup makan! :D