Pages

Monday, January 17, 2011

The Cilok (with pecel sauce)



Pingin banget makan cilok ala sarijadi atau jalan suci, ga dapat dan akhirnya penasaran pingin buat. Alhamdulillah kesampean :)
Bahan : 
  • 1 cup tepung terigu (kira-kira 200g ), 
  • 1/4 cup kanji(tapioka/aci), 
  • bawang putih,
  • merica, garam, 
  • seledri dan bawang goreng jika suka. 
  • bisa juga tambahkan ikan tenggiri
Cara membuat :
  • Campurkan semua, tambahkan sedikit-sedikit air kaldu panas, uleni, biarkan setengah jam.
  • Lalu bentuk bulat dan beri isian daging sapi/ayam/sosis/telur puyuh. masukkan ke dalam air mendidih. Rebus sampai mengambang, dan kukus sebentar supaya empuk. Jika rasa kurang asin, tambahkan garam ke dalam kuah rebusannya
  • Saus : di atas wajan, bumbu pecel disangrai sebentar, tambahkan sedikit gula garam, saus tomat, kecap dan saus cabai tergantung selera. Encerkan dengan air yang sudah dicampur maizena (corn starch). Aduk dan masak sampai mendidih. Cara yang lebih mudah adalah bumbu pecel diulek dan ditambahkan air hangat.

Tips :
kalau lihat resep lain, perbandingan aci : terigu bisa 1:1. Tapi di Jepang sini sedikit aci saja sudah membuat adonan menjadi keras, oleh karena itu bisa ditambahkan maizena/corn starch. Jika bagian dalam adonan terlalu putih, artinya kebanyakan acinya, bagian dalam berisiko masih mentah. Selamat mencoba!

6 comments:

Abu Fathiyah said...

Assalamu'alaikum wr wb
sudah berapa kali ketemu salju dan pesta bunga sakura?
Salam untuk keluarga

asari nawawi

Lesly Septikasari said...

Wa'alaikumsalam wrwb,
Pa Asari, guru saya, semoga bapak n keluarga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan baik. Aamin

Salju belum nemu pak, klo hanami baru sekali pas datang.. subarashi

Salam balik juga keluarga utk Bapak n kel. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

Lesly

tikamaliyana said...

Nah yaaaa, ada yg lagi kangen Bandung nih kayanya.

Emang uda seharusnya, yang asli urang Bandung bagi2 resep. Saya bikin tulisan tentang aneka "Ci", (http://tikamaliyana.wordpress.com/2009/11/24/aneka-makanan-%E2%80%9Cci%E2%80%9D-di-bandung/)
tapi cuma jadi komentator doang :(

gmn kbr kandungannya?

Irfan A. Darfiansyah said...

wah, bisa buka "Warung Cilok" dong Teh di Jepang. Peluang bisnis tu... tinggal dibuat variasi rasa aja...
rasa sushi, ayam, ikan, cumi, rasa sakura juga (ada emang?:)
Salam saja to keluarga Teh...

rotu.usm said...

Salam...nak tumpang promosi perniagaan boleh tak...klik la sini...terima kasih...peace

Putoki said...

Assalamualaikum teh lesly,, puti mampir ya, aku juga suka cilok, ternyata dibikin sendiri gampang yaa, asik nih resepnya :D