Pages

Monday, August 9, 2010

このクラスが面白いですね。。 (kelas ini menyenangkan)


彼女お来たとき、面白くなりました。
Kanojyo o kita toki, omoshiroku narimashita.

Setelah gadis itu datang, suasana jadi menyenangkan/meriah.

Ungkapan itu ditujukan setelah teman saya datang di Suzukakedai Japanese Volunteer Class. Sobat saya ini memang ceria, dengan bahasa jepangnya yang minim malah membuatnya antusias bereksperimen dengan kata2 baru dan ini mengundang ketertarikan juga tawa seisi kelas.


Kelas ini diinisiasi oleh beberapa pensiunan jepang sebagai sarana pertukaran budaya di kampus Tokyo Institute of Technology (TiTech/Tokodai), tempat suami-suami kami kuliah. Terdapat sekitar seribu pelajar asing di kampus ini. Adanya pelajar asing merupakan salah satu syarat universitas dikukuhkan pada tingkat internasional.

Para pengajar kelas ini datang dari berbagai profesi, kebanyakan dari profesi yang membiasakan bahasa inggris; mantan insinyur di perusahaan multinasional, businessmen, guru bahasa jepang, penyanyi teater, sampai istri yang pernah ikut suaminya menetap di Amerika. Meskipun ada juga mantan direktur manga yang minim sekali bahasa Inggrisnya. Untuk yang 'jyouzu' (mahir), bolehlah bertukar obrolan dengan beliau. Sepertinya kelas ini juga jadi sarana mereka berkumpul dan bersosialisasi di usia lewat baya.

Kembali lagi ke teman saya yang 'omoshiroi' ini... Sebagai sesama oku-san (istri) dari gakusei (mahasiswa) yang kuliah di sini, ada rasa berbeda dari yang lainnya, tapi kami lebih senang disebut 'istimewa' ^^ . Peserta volunteer class yang lain adalah mahasiswa/i atau peserta pertukaran pelajar asing. Jika dibandingkan mereka, barangkali kami terlihat seperti pengangguran: muda, fresh graduated, dan belum ada momongan. malah tak sedikit pula mahasiswa indonesia yang menyarankan untuk melanjutkan studi, mumpung di Jepang katanya. Segala masukan kami tampung, tapi kami masih ingin menekuni dan menikmati status baru ini sambil mengobservasi Jepang. Toh banyak pula yang masih bisa dipelajari.



時間がありますから、いつも来ます。
jikan ga arimasu kara, itsumo kimasu.
karena ada waktu, maka selalu datang.

Barangkali karena di kelas ini tidak ditarik biaya, konsistensi para peserta asing tidak begitu kuat. Sementara kami selalu datang, sering pula tepat waktu, yang artinya mengikuti full 3 jam. Pernah cuma kami berdua yang hadir, sementara ada 5 orang sensei. Barangkali itu hikmah adanya okusan di kelas ini, para sensei jadi ada kerjaan kan hehehe...

Di kelas ini, ada banyak hal yang bisa diobrolkan (sampai bosan :p), sepekan dua kali, tiap pertemuan maksimal 3 jam. Kami diajari juga bahasa jepang tapi bukan menu utama. Bahasan umum adalah tentang jepang: makanan, orang, kebiasaan, budaya dan masyarakatnya kemudian dibandingkan dengan negara asal peserta. Tak jarang pula karena melihat jilbab saya jadi mengundang perbincangan tentang Islam. Di kelas ini kami juga diperkenalkan dengan kimono, origami, upacara ocha, bahkan tahun lalu ada kelas kyudo (panahan ala jepang). Alhamdulillah dengan para sensei yang murah hati ini kami lebih cepat terbiasa dengan kehidupan jepang.

よかったね。。
yokatta ne
syukurlah :)

6 comments:

Ly said...

wah, Tokodai bagus !! belum pernah kesana..
ehehehe, komennya koq malah tentang fotonya yah..
楽しそう yah ikut kelas pertukaran seperti itu..sayang dulu aku pemalas, jadi nggak jadi2 ikut kelas di kampus suami..(oops, sekarang juga masih sering malas..=P)

Btw, ehehee, nama lengkapku Ully Puriandari..kalau mau diganti (buat link blog) boleh, tetep Ully n Bilal juga boleh..^_~

Lesly Septikasari said...

hehe, ini foto pas winter, apalagi pas sakura-an

gpp ya mba ully udah sepaket kan sama bilal^^ thanks for visiting. Datang lagi ya.. mba ully jg , ayo posting lagi bagi2 ceritanya :)

dwi said...

lyy.. wah subhanallah, (baru) ly seorang yg pake jilbab di kelas itu ya..tampak seru ya bertemu dengan beragam orang, budaya, latar belakang dan pemahaman. subhanallah.. ly keren d^.^b

Lesly Septikasari said...

hehe, dari dulu emang keren kan.. (gubrak, bikin ilfil ;p)
alhamdulillah wi, banyak ko muslimah di sini, ka dieu ameng geura.. *wink

Anonymous said...

asik, bisa minta ajarin bhs jepang. Semoga bisa segera menyusul anti ;)

Lesly Septikasari said...

wah, kapan nih mba rencana ke sininya? ditunggu (klo saya masih di sini :D )